A. Tujuan:
Lomba Penyusunan Konten Anggun PAUD memiliki beberapa tujuan yakni;
1. Mensosialisaikan Laman Anggun PAUD kepada masyarakat luas khususnya para pendidik dan pemerhati PAUD.
2. Meningkatkan partisipasi masyarakat/melibatkan publik dalam pengisian
laman Anggun PAUD sesuai dengan minatnya dengan memperhatikan kebutuhan
pendidik dan anak didik PAUD.
3. Memperkaya konten muatan laman Anggun PAUD agar lebih mampu dan layak
untuk dijadikan sebagai rujukan atau referensi bagi guru PAUD dalam
mengelola kegiatan bersama anak.
B. Tema:
Tema Lomba Konten Anggun PAUD “ Penumbuhan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini”
C. Jenis dan Ketentuan Lomba:
Konten Anggun PAUD yang dilombakan untuk konsumsi peserta didik PAUD usia 4-6 tahun.
a. Fokus pada pengembangan aspek Kognitif (pengenalan konsep dasar matematika dan keaksaraan awal) dan Seni (rupa, dan musik).
b. Aplikasi permainan dibuat dengan format HTML5
c. Menitik beratkan pada kemampuan secara teknis untuk membuat aplikasi game melalui penyusunan karakter, background, strategi permainan, sehingga game tersebut mampu berinteraksi dengan user-nya.
d. Dilengkapi dengan dokumentasi/ instruksi cara menggunakan aplikasi game tersebut.
e. Permainan harus dapat dimainkan setidaknya di dua browser: Firefox dan Chrome. Dan harus dapat berjalan dengan baik, jika terjadi error otomatis menjadi gugur.
f. Game dipublikasikan dan digunakan oleh sasaran anak usia 4-6 tahun.
D. Hadiah:
a 1 orang pemenang pertama dengan hadiah Rp. 25.000.000,-
b 1 orang pemenang kedua dengan hadiah Rp 20.000.000,-
c 1 orang pemenang ke tiga dengan hadiah Rp. 15.000.000,-
d 10 hadiah hiburan dengan hadiah @ Rp. 7.500.000
E. Persyaratan:
1. Peserta
Peserta terbuka untuk umum, kecuali peserta Direktorat Pembinaan PAUD..
2. Naskah/ produk:
a Orisinalitas mutlak.
b Tidak mengandung unsur kekerasan, pornografi, suku, agama, ras, antar golongan, pelecehan fisik, simbol dan radikalisme.
c Penerima manfaat adalah anak usia 4-6 tahun dengan bimbingan orang tua dan guru.
d Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah dalam jenis (kategori) yang sama atau berbeda
e Semua karya yang masuk akan menjadi hak milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan u.p. Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.
3. Pendaftaran dan Pengiriman
Pendaftaran dan pengiriman hasil karya dimulai tanggal 15 Juni 2016, dan dikirimkan ke alamat :
Direktorat Pembinaan PAUD,
Kompleks Kemdikbud, Gedung E Lt. 7
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta
Kode Pos 10270
Batas waktu pengiriman paling lambat tanggal 31 Agustus 2016 cap pos.
Semua kontributor dalam penyusunan dan pengembangan produk dicantumkan secara lengkap.
4. Penilaian
Penilaian dilakukan oleh Tim Juri yang berkompeten di bidangnya.
didasarkan pada unsur:
a Orisinalitas karya
b Kesesuaian dengan tema dan fokus aspek perkembangan
c Kesesuaian karya dengan sasaran (pendidik atau anak didik usia 4-6 tahun)
d Kejelasan pesan yang disampaikan
e Kesantunan bahasa
f Keutuhan cerita/karya
g Keserasian karya: syair dan notasi, teks dengan ilustrasi, dst.
5. Pengumuman Pemenang
Pemenang diumumkan melalui web http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id
atau http://www.paud.kemdikbud.go.id tanggal 13 - 15 September 2016.
6. Penyerahan Hadiah:
Hadiah lomba akan diserahkan bersamaan dengan Hari Anak Universal bulan September 2016.
7. Pemanfaatan Naskah/Produk
Naskah yang masuk ke Panitia dan dinyatakan menang menjadi hak Panitia
dan akan di upload ke laman http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau
http://www.paud.kemdikbud.go.id
Naskah yang tidak menang tetap menjadi hak penyusun kecuali apabila diserahkan ke Dit. Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Download form: disini
Lomba Penyusunan Permainan Mendidik (Edu Game) Kemendikbud Total Hadiah Rp. 135.000.000
posted by Unknown
on 01.18
0 Comments